Buat para penggemarnya, membicarakan kartun/anime pasti tak akan ada habisnya. Selalu ada hal baru yang bisa dibicarakan, baik itu tentang film-film baru, maupun film-film lama.

Saya sendiri tumbuh di lingkungan film kartun, seperti kebanyakan anak indonesia yang lahir di era 90-an. Tidak seperti sekarang, dulu setiap hari minggu adalah hari khusus film anak-anak. dari mulai jam 6 pagi sampai jam 11 siang adalah waktu surga bagi anak-anak. setiap stasiun tv swasta menyiarkan film kartun andalannya masing-masing, yang mayoritasnya adalah film serial anime jepang.

Yap, Jepang.

ketika membicarakan film kartun, sebagian besar yang terlintas di pikiran kita pastilah anime jepang. anime memiliki akar tradisi yang kuat di jepang. bisa dikatakan salah satu expor terbesar mereka adalah expor anime (selain komik tentunya)

Saya telah menonton banyak sekali anime sejak kecil dulu. baik yang serial semacam dragon ball sampai yang lepas seperti pokemon. Pokoknya apa saja yang dulu ditayangkan di tv hampir pasti sudah saya tonton ūüėÄ

tapi ada satu anime yang menurut saya luar biasa. sangat luar biasa. Sekitar tahun 2002 saya menonton sebuah anime dari VCD yang dipinjam oleh om saya. Anime tersebut berjudul Spirited Away. ada sebuah perasaan unik yang saya rasakan pada saat menonton film tersebut.

spirited away, best anime, yet..

anime itu menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Chihiro yang tersesat ke dunia roh, dan harus bekerja di pemandian air panas yang semua tamu dan pegawainya adalah hantu..

Sayangnya, baru sempat saya saya tonton satu kali, VCD tersebut hilang..

saya baru menemukan kembali anime tersebut pada tahun 2010. dan ketika saya tonton untuk kedua kalinya, saya tersentak. Saya masih merasakan perasaan yang sama ketika saya menontonnya saat masih berusia 12 tahun. Perasaan unik yang terpendam selama 8 tahun tersebut tersebut muncul kembali. selama 2 jam itu saya sukses kembali menjadi anak-anak..

dari sana saya tertarik untuk sedikit mencari tahu tentang anime tersebut. setelah beberapa jam mencari referensi, saya sangat terkejut karena anime itu ternyata mempunyai catatan prestasi yang menakjubkan.

  1. Memenangi Piala Oscar pada tahun 2002 untuk kategori best animated movie. (satu-satunya anime jepang yang memenangkan piala oscar sampai saat ini)
  2. Memenangi piala Golden Bear pada Berlin International Movie Festival 2002
  3. Termasuk salah satu dari 50 film yang wajib ditonton sebelum usia 14 tahun menurut British Film Institute.
  4. Menduduki peringkat 47 dari 250 best movies of all time menurut IMDB (rating 8,6)

yeah wow..

Melihat catatan impresif itu saya lalu tertarik dengan studio yang membuat anime tersebut, yaitu studio GHIBLI, dan tentu saja sang pembuat anime sekaligus sutradaranya yaitu Hayao Miyazaki.

Studio GHIBLI adalah studio anime yang didirikan pada tahun 1985 oleh Hayao Miyazaki dan Isao Takahata. sudah banyak anime yang dihasilkan oleh studio ini, pada tahun 2001 bahkan telah dibuka sebuah museum khusus untuk mendokumentasikan karya-karya dari studio ini.

Karena semakin penasaran, saya lalu mencoba untuk menonton semua karya studio GHIBLI, terutama yang dibuat oleh Hayao Miyazaki.

  • Nausicaa and The Valley of The Wind (1984)
  • Castle In The Sky (1986)
  • Grave of the Fireflies (1988)
  • My Neighbor Totoro (1988)
  • Kiki’s Delivery Service (1989)
  • Only Yesterday (1991)
  • Porco Rosso (1992)
  • Pom Poko (1994)
  • Princess Mononoke (1997)
  • Howl’s Moving Castle (2004)
  • Tales from Eathsea (2006)
  • Ponyo (2008)
  • The Borrower Arriety (2011)

tiga kata, benar-benar-mengagumkan.

setiap karyanya memang tidak mengedepankan keunggulan grafis, (beberapa bahkan masih menggunakan pengerjaan manual) namun dari segi jalan cerita, penokohan, serta latar belakang, semuanya tertata dengan maksimal.

pada setiap karyanya Hayao selalu mengajarkan prinsip anti kekerasan, dan dia juga mengajarkan bahwa semua hal tidak bisa dilihat dengan kacamata hitam dan putih saja, selalu ada area abu-abu.

Akhir kata, sampai saat ini saya masih menganggap bahwa studio GHIBLI adalah studio kartun terbaik di dunia (Ya, bahkan lebih bagus dari hollywood..)

tidak percaya? silahkan coba tonton Spirited Away

GHIBLI rules!!

Bagikan
Ikuti
Notify of
guest
3 Comments
Terlama
Terbaru Terpilih
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

[…] Spirited Away (Anime, termasuk juga semua karya dari studio GHIBLI) […]

Sobana

Sependapat min
2 thumb for ghibli

[…] pria dewasa itu melalui animasinya yang berjudul¬†Your Name¬†(Kimi no Na Wa) berhasil menyalip¬†Spirited Away besutan Hayao Miyazaki sebagai anime dengan pendapatan terbanyak sepanjang […]

error: maaf, konten web ini telah dilindungi
3
0
Beri Komentarx
()
x