Selamaat siaaaang 😀

Kebetulan ada waktu kosong nih siang-siang. jadinya mau posting yang ringan-ringan.. daripada bengong.

Kalo diliat dari judul postingannya sih, yang kebayang tentang cacar itu apa coba? kalo buat saya sih bentol-bentol gede yang nyebar di seluruh tubuh, gatel, perih, ah.. pokoknya ngeri!

Anyway.. Kamu kena cacar ham? 😮

Bukan.. bukan saya yang kena cacar, dari dulu saya belom pernah kena.. dan mudah-mudahan gak pernah kena. yang lagi sakit cacar itu pohon jambu di halaman rumah saya.

Pohon? kena cacar? :I

Lah, saya juga heran.

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu, saat libur ngantor.. saya lagi duduk-duduk di halaman rumah. Kebetulan di halaman rumah saya emang ada berbagai macem tanaman, mulai dari lengkeng, sarikaya, jambu, mangga, dll.

Pas lagi ngeliain pohon jambu, saya  liat hal yang aneh nempel di bagian daunnya. Awalnya saya kira koloni serangga. tapi pas diliat-liat.. kok mirip kaya cacar ya? Daunnya bentol-bentol, dan pecah gitu. di area yang pecah langsung bolong dan kering daunnya. Ngeri juga sih, sejenis virus tanaman atau apa ya? ada yang tau?

Berhubung saya cuman akuntan, saya blank soal penyakit tanaman nih.. 🙁

Bagikan
Ikuti
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Ely Meyer

wah .. aku juga nggak tahu jenis penyakit apa yg hinggap di daun jambu itu

izzawa

ngeri juga yaaa..
pohon jambunya lagi puber mungkin,,makanya jerawatan gitu :mrgreen:

Falzart Plain

Jangan tanya saya, saya nggak tahu sakit apa itu… 😆

rurimadani12

kakak, daunnya kasiaan :'(

rurimadani12

enggak kak T.T saya turut mendoakan aja yah kak. semoga lekas sembuh :mrgreen:

~Amela~

aku juga belum pernah kena cacar.. dan semoga ga akan pernaaah.. *ngeri

Langit

pernah kena cacar pas kelas 3 SMP -_-
btw, dulu saya sering liat totol-totol di daun kayak gitu jaman masih kecil, kirain itu hal yang normal :O

Evan

Ham,, itu jendolannya ke atas atau ke bawah,, maksudnya cembung apa cekung?? kalau jendelonnya ke bawah atau cekung itu penyakit cacar daun penyebabnya Exobasidium vexan (kalau pada daun teh, gak tahu klo pada jambu).. tapi kalau di foto kelihatannya jendolannya ke atas ya (cembung) menurutku sih kayaknya kena hama (serangga) gitu, coba deh di belah, ada semacam larva2 gitu gak?

Evan

Kalau kena serangga, kayaknya Hama Megatrioza,, *beuhhh keren nih nama serangga

Evan

Jadi bisul2 deh

Evan

Kalau buat manusia secara langsung nggak bahaya Ham, tapi klo buat petani jambu ya bahaya,, bisa mengurangi produksi jambunya.

error: maaf, konten web ini telah dilindungi
0
Beri Komentarx
()
x