Judul : Contagion

Genre : Drama, Sci-Fi, Thriller

Sutradara : Steven Soderbergh

Pemeran : Matt Damon, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, Jude Law..

Durasi : 109 Menit

Tanggal peluncuran : 9 September 2011 (USA)

Film ini adalah sebuah film yang menceritakan tentang sebuah wabah virus tak diketahui yang tiba-tiba menjadi pandemik di seluruh dunia dalam waktu singkat.

Terus terang, saat pertama kali melihat poster film ini, yang terbersit di otak saya adalah “Waw.. banyak banget bintang beken hollywood yang ikut main disini..” Nama-nama yang tertera pada poster itu sudah sangat familiar di mata saya, seperti Matt Damon, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, Marion Cotillard, Laurence Fishburne, dan Jude Law..

kemudian saya melihat siapa sutradara yang menggarap film ini, yang ternyata adalah  Steven Soderbergh. dia memang sangat hobi mengumpulkan banyak nama beken di dalam filmnya. yang paling terkenal tentu saja Ocean’s Trilogy, yaitu seri film yang menceritakan tentang sekelompok pencuri professional. (dibintangi oleh George Clooney, Brad Pitt, Bernie Mac, Matt Damon, Andy Garcia, Julia Robert.. dan masih banyak lagi nama tenar..)

Saya masuk ke dalam bioskop, duduk dan mulai nonton.. dalam lima menit saya sudah terkejut. Hanya dalam beberapa scene karakter Beth Emhoff yang diperankan oleh Gwyneth Paltrow sudah “mati”.. saya jadi berpikir, film macam apa yang tega membunuh salah satu bintang terkenalnya hanya dalam beberapa scene? lalu mau dibawa kemana ceritanya?

Lalu film pun berjalan, saya kira film ini akan seperti film-film virus sejenis.. seperti The Happening atau The Invasion. tapi tidak, film berjalan dengan tempo lambat tapi bertensi tinggi..

Film ini seperti dipecah menjadi beberapa fragmen, Matt Damon menjadi seorang ayah yang kehilangan istri dan anak laki-lakinya akibat virus itu, dan sekarang berusaha mati-matian agar anak perempuannya tidak tertular. Laurence Fishburne menjadi seorang ketua tim dari CDC (Central of Disease Control) yang berusaha mencari tahu cara menanggulangi virus, dan menjadi bulan-bulanan media. Kate Winslet menjadi seorang dokter baik hati yang langsung terjun ke lapangan untuk menyelediki dan mengkarantina para korban yang terkena virus. Marion Cotillard menjadi seorang peneliti yang pergi ke Hongkong untuk menyelidiki asal usul virus, serta jangan lupakan Jude Law yang menjadi seorang blogger dan wartawan lepas.

Film ini menggambarkan dengan tepat (sekaligus mengerikan) mengenai apa yang mungkin terjadi pada dunia saat ada sebuah pandemik yang merajalela.. dari mulai ketegangan yang muncul, kepanikan massa yang terjadi, kematian masal, sampai dengan terjadinya kekacauan, anarki, pembakaran, penjarahan.. bahkan sampai pada titik setelah vaksinnya ditemukan pun, masalah yang diperkirakan akan selesai ternyata belum, masih ada masalah distribusi logistik, siapa yang akan pertama kali mendapatkan vaksin? serta permasalahan-permasalahan pelik lainnya.

Tidak ada adegan tembak-tembakan ataupun bercak darah yang bertebaran di film ini. tetapi bagi pecinta suspense, film ini akan membuat jantung anda bertedak dengan agak cepat secara konstan selama 109 menit, sama sekali tidak ada waktu untuk berpaling atau melamun. karena sedetik saja anda melamun, anda akan melewatkan dialog-dialog intelek nan cerdas yang dibiracakan oleh mereka.

saya secara khusus sangat menyukai peran Jude Law, yang notabene adalah seorang blogger. dia adalah orang pertama yang memprediksi akan adanya penyebaran virus tersebut. dia berusaha untuk memberitahu media, tetapi media tidak perduli. Pada akhirnya setelah virus itu terbukti menyebar, dia tiba-tiba berubah dari seorang blogger biasa menjadi seorang nabi di dunia digital, yang setiap kata-katanya dipercayai oleh semua orang.

juga pada peran Kate Winslet, yang dengan berani menyelidiki soal virus itu di garis terdepan, berinteraksi langsung dengan para korban. dia berperan menjadi seorang dokter yang sangat memperhatikan orang lain, bahkan pada saat akhirnya diapun tertular, dia masih lebih memperhatikan orang lain daripada dirinya sendiri.. (ada sebuah scene sesaat sebelum dia meninggal yang membuat saya terharu.. must see it :D)

secara overall bagi pecinta film bergenre serius dan cerdas, film ini wajib ditonton.

Bagikan
Ikuti
Notify of
guest
6 Comments
Terlama
Terbaru Terpilih
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
~Amela~

aaaaah, masuk list film yang mesti diburu bajakannya pas pulang nanti. heheh

sulunglahitani

saya suka film ini. hampir semua yang main aktor/aktris berkualitas 🙂

Chandra B.

wiihh keren banget pasti film ini… aku liat trailernya di tv kemaren. liat matt damon-nya aja udah pasti film ini bakal menarik banyak penonton. dan ternyata ada marion cottilard juga… 😯 😮 i loveee cottilard… 😀 adegan gwyneth paltrow-nya yang lagi ditangani sama orang bersarung tangan itu juga rada2 memilukan gimana gitu. wah gak sabar nunggu filmnya ada di rental.. hehe. (bukan moviegoer :mrgreen:)

error: maaf, konten web ini telah dilindungi
6
0
Beri Komentarx
()
x