Judul : Les Diaboliques / Diabolique
Genre : Noir, Misteri, Horor
Sutradara : Henri Georges Clouzot
Pemeran : Simone Signoret, Vera Clouzot, Paul Meurisse
Durasi : 114 Menit
Tanggal peluncuran : 21 November 1955 (USA)
Rating IMDB : 8,3

Seorang wanita dibantu oleh seorang temannya merencanakan dan melakukan pembunuhan terhadap suaminya. masalah muncul ketika mayat suaminya menghilang, dan mereka berdua dicekam teror karena suaminya tampak seperti hidup lagi, tetapi bersembunyi dan mempermainkan kewarasan mereka.

Well ini film lama, saya tahu. release pada tahun 1955 dan filmnya masih hitam putih.. terus terang saya mengetahui film ini dari sebuah list 50 best and worst twist endings in movie (list itu spoiler alert, disarankan untuk lihat judulnya aja.. ) sebagian besar dari film-film itu pernah saya tonton.. ini salah satu yang belum. saya jadi penasaran, kenapa film ini bisa masuk?

kemudian saya sedikit googling, karena buta sama sekali dengan sutradara da para pemerannya. yang bikin saya tambah penasaran adalah sutradaranya sendiri menulis di trailer dan bagian akhir film, agar penonton tidak mengatakan endingnya kepada siapapun.. okay thats weird.. saya makin penasaran.

berbekal koneksi pas-pasan.. saya cicil download ini ini film dari youtube. udah agak lama sih, tapi baru sempet saya tonton kemarin.

saya duduk, peluk guling, terus nonton.

belum lima detik saya udah dag-dig-dug.. musik intronya berhasil membuat bulu kuduk saya merinding, ditambah dengan background hitam putih “sesuatu” yang mengalir.. itu apa? darah ato air?? saya gak pernah tau.

Cerita dibuka di sebuah sekolah asrama khusus anak laki-laki, dimana hanya ada sedikit murid dan 5 orang pengajar. karakter utama kita adalah seorang istri, yang berteman dengan seorang guru wanita, yang adalah bekas selingkuhan suaminya. (aneh sih.. kok mereka bisa berteman ya..) kedua wanita itu sangat benci kepada sang suami. sang suami digambarkan sebagai seorang kepala sekolah yang kejam, sadis, dan hanya mengincar harta sang istri.

kedua wanita itu lalu sepakat untuk membunuh sang suami. mereka menyiapkan sebuah plot untuk menutup pembunuhan mereka dengan alibi yang sempurna.

tapi ternyata masalah tidak selesai setelah mereka membunuh sang suami.. malah masalahnya baru mulai! mayat sang suami yang ditenggelamkan di kolam menghilang. kedua wanita itu kebingungan, mereka takut sang suami masih hidup (atau hidup kembali). seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak keanehan yang menunjukan penampakan sang suami di sekitar mereka.. seperti pakaian yang digunakan suaminya pada saat dibunuh tiba-tiba kembali dari laundry, dan seorang murid di sekolah yang mengaku telah dihukum untuk membersihkan halaman sekolah oleh sang suami. keadaan bertambah rumit saat seorang detektif swasta turut campur untuk mencari sang suami.

Endingnya? well.. temen-temen harus lihat sendiri, hehehe..

yang jelas saya salut pada film ini, karena ternyata untuk menumbuhkan sebuah efek thriller, tidak dibutuhkan visual efek mumpuni dengan menggunakan CG. cukup dengan teknik pengambilan gambar yang bagus. (bahkan karena hitam-putih.. kesannya lebih seram..)

bagi penyuka film noir.. silahkan menikmati film ini. dan ssssst…. dont reveal the ending.. 🙂

Bagikan
Ikuti
Notify of
guest
15 Comments
Terlama
Terbaru Terpilih
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
~Amela~

postingan terakhir review film terus >> kerjaannya nonton film terus >> pengangguran terselubung..

hahahah,., mau dong filmnya, kudoakan pas aku ke Jakarta kamu udah magang di kanpus ham,, mau kopi filmnya.. heheh, kayaknya koleksimu bagus2 nih..

aku juga lagi suka nonton film klasik, terakhir nonton si Rebecca (jadul abis), lucu aja liat item putih dengan dialeg yang jadul kayak gitu

~Amela~

koleksi harddisku mulai menipis, sisanya film2 yang males ditonton

sulunglahitani

waaaa, bagi2 dong koleksi filmnya. saya udah g punya stok lagi. hoho
eh, tapi film di atas sudah lama sekaliii.

sebenarnya kalau kualitas gambarnya bagus, saya suka2 saja nonton film lama. 🙂

~Amela~

mauuuu the wizard of oznya haaaaaaam

wahyu asyari m

wah, bagii!

kanesty

kenapa juga ditenggelamin..kan jadinya mereka berdua galau cowonya mati ato ngga 😐
*tapi kalo ga ditenggelamin ga akan ada fil ini ya*

kanesty

*film maksudnyaaa ==”

kanesty

minta atuh filenya,,kapan2 mun ketemu, heu

riki mustopa

Mulai ngereview film?? Ah situ berhasil biki saya penasaran!!!

error: maaf, konten web ini telah dilindungi
15
0
Beri Komentarx
()
x