I am a Noobs* at Backpacking! (or traveling at general). Dari zaman kecil dulu, saya jarang banget sengaja jalan-jalan atau berwisata. Sewaktu masih sekolah, seringnya jalan-jalan ke mall atau bioskop. Kalaupun pergi ke luar kota, biasanya dalam rangka karya wisata sekolah. itupun paling jauh ke Yogyakarta.

Semuanya berubah ketika selesai kuliah. Kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan membuat saya tidak bisa banyak memilih tempat bekerja. Pokoknya SK keluar, mau dimanapun itu ya jalani saja.

Pekerjaan tersebut membawa saya ke Kepulauan Riau, Tanjungpinang, kemudian Kabupaten Kepulauan Natuna, sebuah surga yang tersembunyi di Laut China Selatan. Saat pertama kali naik pesawat baling-baling untuk pergi ke sana, rasanya luar biasa!**

natuna
Yup, di sana.

Pun ketika pertama kali diajak Backpacking oleh seorang kawan. Rasanya campur aduk. Senang karena akhirnya bisa punya kesempatan untuk melihat dunia dan kebudayaan lain. Cemas karena saldo di buku tabungan pas-pasan, dan takut karena siapa tahu nanti diculik dan diambil jadi menantu oleh penduduk lokal sana. :))

Bulan September 2016 ini tepat satu tahun dari semenjak perjalanan Backpacking kedua saya (Asia tenggara dan Jepang). Perjalanan yang Alhamdulillah, ya.. walaupun banyak terjadi insiden yang cenderung bodoh dan konyol, telah membuka mata saya. Bahwa bumi itu luas, bahwa di luar sana, di luar kamar tempat kita tidur, di seberang kota tempat kita tinggal, di pedalaman-pedalaman hutan rimba, di puncak-puncak pegunungan, di dasar-dasar lembah, ada kehidupan. ada manusia yang sama-sama menghirup oksigen bersama kita. menjalani kehidupan mereka dengan asyiknya, tanpa pernah kita sadari keberadaannya.

Oleh karena itu saya ingin mencoba berbagi, bukan dari segi budgeting atau rekomendasi tempat-tempat yang harus dikunjungi. Karena saya yakin banyak buku di luar sana yang telah membahas tentang itu. tapi lebih dari pengalaman dan pantangan.

Ya, pantangan. Saya akan menuliskan hal-hal yang saya lakukan, tapi jangan sampai kalian lakukan. setidaknya jika kalian tidak ingin disebut idiot.

HTBLI #1: Jangan Cek Jadwal Perjalanan/Pekerjaan Kalian


*Newbie: Orang baru, amatir
**Luar biasa membuat perut mulas dan tidur nggak nyenyak.
Bagikan
Ikuti
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
error: maaf, konten web ini telah dilindungi
0
Beri Komentarx
()
x