Yak, artikel ini khusus pesenan temen saya si Riki Mustopa.. sekalian juga buat temen-temen yang penasaran dengan Lucid Dream yang sempat saya singgung di Source #55.

Pertama. apa itu Lucid Dream? secara terminologi Lucid disini berarti jelas/sadar dan dream artinya mimpi (ya iyalah… -.-) jadi bisa dikatakan Lucid Dream adalah keadaan dimana kita tersadar saat sedang bermimpi.

Saya kira ini bukan hal yang aneh kan? karena pasti banyak diantara temen-temen semua yang sering tersadar saat sedang mengalami mimpi.

Yang kita tidak tahu mungkin ada dua hal, 1. itu disebutnya Lucid Dream.. 2. Kita sebenarnya bisa mengontrol jalan dari mimpi tersebut.

Kedua. bagaimana hal itu bisa terjadi? Anugerah dari Tuhan! hahaha.. oke kalo itu udah pasti ya, tapi saya akan coba ulas sedikit bagaimana itu bisa terjadi dari segi ilmiah.

Seperti yang sudah kita ketahui, otak kita terdiri dari ribuan sel neuron yang berkomunikasi satu sama lain dengan memancarkan sinyal/gelombang listrik yang disebut dengan brainwave. Frekuensi dari brainwave ini akan berbeda-beda, tergantung kepada kondisi kita. secara umum ada empat macam jenis gelombang brainwave:

  1. Beta : muncul ketika kita dalam keadaan sadar sepenuhnya, waspada, takut, tegang, dll.. gelombang ini kira-kira berada di frekuensi 13-60 Hz (13-60 gelombang/detik).
  2. Alpha : muncul ketika kita sedang dalam keadaan rileks/santai.. meskipun masih dalam keadaan sadar. gelombang ini berada di frekuensi 7-13 Hz.
  3. Theta : muncul ketika kita dalam keadaan nyaris kehilangan kesadaran (somnolence/nyaris tertidur). gelombang ini berada di frekuensi 4-7 Hz.
  4. Delta : muncul ketika kita dalam keadaan kehilangan kesadaran/tertidur. gelombang ini berada di frekuensi 0.1-4 Hz.
source: www.doctorhugo.org

Nah setelah kita mengetahui sedikit tentang macam-macam gelombang brainwave, kita lanjut bahas kenapa Lucid Dream bisa terjadi. Pada saat kita tertidur, seharusnya otak kita berada dalam keadaan gelombang delta, tetapi bagi orang yang mengalami lucid dream, pada bagian otak  parietal lobe terdapat aktivitas gelombang beta yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan kita bisa memperoleh kesadaran saat sedang bermimpi. hal ini juga menjelaskan kenapa beberapa diantara Lucid Dream bisa terasa sangat nyata.

Ketiga. Bisakah kita dengan sengaja memulai Lucid Dream? Karena saya sendiripun biasanya mengalami hal tersebut tanpa disadari. Jawabannya adalah bisa.

Ada beberapa teknik agar kita bisa mengalami Lucid Dream, teknik itu disebut dengan teknik induksi. berikut ini adalah teknik-teknik yang saya repost dari kaskus

WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan ‘kesadaran’ orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid.

Langkah-langkah :

  1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa ‘saya akan melakukan lucid dreaming’.
  2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep.
  3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. Jangan pernah berontak ketika fase ini terjadi.
  4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah jangan memunculkan rasa takut anda sedikit pun disini. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda (penjelasan baca post terkait).
  5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap.

Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan?

WBTB (Wake Back To Bed), adalah teknik yang sangat similar dengan WILD. WBTB biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan teknik WILD. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 4-5 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik WILD.

MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.

Langkah-langkah:

  1. Lakukan tidur normal, pasang alarm 3-4 jam kemudian, dan bangunlah.
  2. Catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku.
  3. Setelah itu cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk ‘melanjutkan’ mimpi yang sudah kalian alami.
  4. Tanamkan afirmasi “Ketika saya mimpi seperti tadi, berarti saya lucid dreaming”.

dan masih banyak lagi teknik lainnya, silahkan klik link kaskus diatas jika temen-temen tertarik untuk mempelajari teknik-teknik induksi Lucid Dream yang lainnya.

Keempat. Apa gunanya kita bisa Lucid Dreaming? Banyak.. satu diantaranya adalah lari dari kenyataan. hahaha.. ya, itu yang paling sederhana.

Lebih jauh Lucid Dream bisa digunakan sebagai terapi melawan rasa takut dan mimpi buruk. tapi jangan bayangkan kalian bisa menggunakannya sebagai pekerjaan seperti Dominic Cobb di film Inception, yang mereka lakukan bukan lagi hanya Lucid Dream, tapi sudah menginjak kepada Shared Dream, dimana beberapa orang berbagi sebuah mimpi bersama-sama, dengan satu orang sebagai hostnya. Saya rasa sampai saat ini belum ada mesin yang bisa membuat kita mengalami shared dream seperti di film tersebut. entah kalau beberapa tahun lagi.

Bagikan
Ikuti
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
~Amela~

oke rasa penasarannya udah kejawab.. jadi mana lanjutan sourcenya nih?

riki mustopa

wokeh..sip.. hampura banru nongol. padahal saya yang pesen. selama beberapa hari terpaksa ol lewat hp jadul..hahaha

saya masih ingat dulu, keika masih sd. waktu itu saya belum tahu istilah lucid dream (hehehe, baru beberapa minggu kebelakang saya ngerti). yang pasti waktu itu saya berniat mimpi bersama shizuka (saya mohon jangan tertawa) dan berhasil… setelah itu sebelum tidur saya selalu nulis buku harian. yang isinya bukan tentang kejadian hari ini.. tapi rangkaian cerita yang saya usahakan ada di mimpi. pernah saya berusaha bermimpi supaya berada di setting film “fight back to school- stephen chow” berhasil meski acak2an.

sampai diusia smp, saya gag lagi nulis rangkaian cerita. saya lakukan dalam mimpi, maksudnya.. ketika akan lari dari perampok, saya membayangkan jetpack atau lambo reventon hahaha… atau membayangkan bisa terbang… lebih banyak gagalnya… hahaha tapi saya yakin saya sadar itu mimpi… setiap kegagalan itu dikarenakan satu hal, emosi berlebih ham. kalo lagi takut, lagi marah, lagi sedih (karena suwer, berasa nyata banget).

masuk masa sma lebih parah lagi, saya jadi kabur ngebedain mana yang saya lakukan di mimpi dan mana yang saya lakukan di dunia nyata. saya sering berasa udah ngerjain pr, jadi seperti biasa berangkat sekolah, dijalan saya mulai gag yakin dan setelah saya cek ternyata saya gag bawa buku untuk jadwal hari ini, apalagi ngerjain pr. hahahaha..akhirnya mabal… (dan jadi musuh bu mae dan pak iwan). saya hilang kontrol..

di usia akhir belasan saya bisa ngontrol lagi. kali ini menyenangkan… saya bisa ngebayangin pamela anderson atau sora aoi…hahaha…. saya ngebayangin keliling dunia, meski cuma terbatas dari apa yang saya tahu aja. (saya mulai ngerti kalo tindakan manusia itu tergantung pada pengalaman dan persepsi yang ia bangun dari pengalaman tersebut) maksudnya saya gag pernah bisa ngebayangin sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, seperti membayangkan makan caviar. sampai sini jadi mirip film “jumper”. tapi saya bisa melihat orang2 yang belum pernah saya lihat di mimpi saya (kecuali kalo disuruh ngebayangin muka magnus atao aristoteles yang belum saya lihat). jadi lebih ke pola random, dimana saya cuma nyatuin bentuk2 dasar muka manusia (alis, mulut, mata, dsb) dan itu pun berdasarkan pengalaman.

udah ah kepanjangan..nunggu respon situ dulu…

sulunglahitani

aku nunggu yang udah di jadiin e-book aja ya, Ham? hehe

intenratna

wew, jangan sampe ada mesin share mimpi deh..

intenratna

ga ada ruang pribadi lagi dong,, dunia nyata dan mimpi sama2 bisa dimasuki orang

riki mustopa

enak gimana?? kalo lagi mimpi horror, terus sayanya ampe takut pisan kan gag bisa ngapa2in. mana berasa beneran. meski sadar itu mimpi tapi da sensasinya itu loh…

riki mustopa

ada beberapa yang gag pernh bisa saya kontrol..
– kalo pengen munculin sosok alm ibu saya,
– kalo pengen munculin alm pacar saya,
– kalo ada sangkutan ma kematian ( di mimpi saya sadar, terus berusaha mikirin hal lain tapi gag bisa) pernah saya mimpi di vonis dokter mu mati jam 3 pagi, takutnya beneran.. padahal udah diusahain mikirin hal lain

kanesty

kamu sukanya nyengajain diri bikin lucid dream buat apa ham? semoga bukan bwt poin yg keempat ya 🙁 *minta ditalapung*

elfarizi

Asyik juga ya mengontrol mimpi … dan pas untuk yang mau lari dari kenyataan.
Coba, saya praktikkan nanti malam, yaaa … berharap bisa jalan-jalan di Korea hahaha 😆

recolzer

saya sering banget ngalamin hal ini tapi ga tau kalau ini namanya lucid dream xD
ya seru banget mimpi kaya gini, apalagi klo saya jadi hero-nya yang nyelamatin tuan putri dari naga *kebanyakan nonton anime =w=)v

Sejarah Dunia

Oh, menarik… secara tak langsung mempengaruhi orang lain untuk melakukan pengalaman seseorang. Mimpi, mungkin sebagian orang menganggap biasa, tapi sebenarnya bagian dari jiwa2 yang hidup 🙂

Endrio Nur Putra

Udah lama ga ngalamin Lucid Dream setelah nikah. Liquid Dream apalagi.. (–,)

error: maaf, konten web ini telah dilindungi
0
Beri Komentarx
()
x